Wednesday , September 26 2018
Home / Berita / Luar Biasa! Kader Korsad PKS ini Menangi Pilkades "Paling Bersejarah" di Desanya

Luar Biasa! Kader Korsad PKS ini Menangi Pilkades "Paling Bersejarah" di Desanya

Anwar Yusuf


Mangkutana – Ribuan masyarakat Desa Wonorejo Timur, Kec. Mangkutana, Kab. Luwu Timur-Sulawesi Selatan berjubel di lokasi pemungutan suara pemilihan kepala desa, Kamis 30 Mei 2013. Mereka tampaknya sudah tak sabar ingin mengetahui siapa pemimpin mereka pasca pemekaran desa oleh pemerintah kabupaten Luwu Timur beberapa bulan yang lalu. 
Momentum ini merupakan sejarah tersendiri bagi masyarakat setempat. Bisa dikatakan pilkades kali ini merupakan pilkades ‘paling bersejarah’ karena ini merupakan pilkades pertama di desa baru itu. Jadi, seolah-olah masyarakat ingin mengatakan, “Desa baru, pempimpin baru, harapan baru”, sehingga dengan sabar dan penuh penasaran mereka rela berdesak-desakan untuk menyaksikan jalannya penghitungan suara.
Aktivitas pemungutan suara dimulai pada pagi hari pukul 08.00 waktu setempat. prosesnya berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Warga yang memilih datang silih berganti ke TPS lalu pulang dan melanjutkan aktivitas mereka masing-masing. Namun pada saat penghitungan suara yang dimulai pukul 13.30, satu persatu warga berdatangan kembali ke TPS untuk menyaksikan bersama penghitungan suaranya, bahkan adapula yang berasal dari luar desa. 
Selama penghitungan, suasana berlangsung seru, riuh, namun tetap terkendali. Beberapa petugas kemanan nampak berjaga-jaga. Ketua pelaksana pilkades mengatakan bahwa pilkades ini memang sudah direncanakan dan dipersiapkan jauh sebelumnya sehingga dapat mengantisipasi kejadian-kejadian yang tak dinginkan. 
“Pilkades ini sudah direncakan dan dipersiapkan dengan baik dan matang jauh sebelum hari H. Rapatnya saja 3 hari sekali. Pantia sangat berperan aktif dalam mensukseskan pilkades. Saya yakin prosesnya insya allah akan berjalan lancar,” kata D.Sudarpo yang ditemui di sela-sela acara.
Yang menarik dari pilkades ini adalah, salah satu calonnya merupakan kader PKS yang notabenenya juga anggota KORSAD (Korps Satuan Tugas Keadilan). Namanya Anwar Yusuf. Ia adalah seorang anggota KORSAD yang aktif di kesatuannya. Ia sering dipanggil ke Makassar untuk mendapat tugas tertentu. Kapanpun dapat panggilan ia siap dan langsung berangkat saat itu juga, padahal untuk sampai ke Makassar harus dengan naik kendaraan selama 13 jam perjalanan.
Selain aktif di partai dan kegiatan sosial, ia juga aktif di lingkungannya. Ia dikenal sebagai tokoh pemuda yang taat. Sering ngisi ceramah agama di pengajaian-pengajian, menjadi khatib dan imam sholat jumat, menjadi trainer pada acara-acara pelatihan dan menjadi instruktur kegiatan alam bebas, bahkan sebelum mencalonkan diri, ia juga seorang kepala sekolah sebuah Sekolah Dasar Islam.  Meski sedemikian sibuk, banyak warga yang mendukungnya untuk mengikuti bursa calon kepala desa, sampai akhirnya dia mendaftar dan hari ini memperoleh kemenangan.
Anwar Yusuf memenangi pilkades Wonorejo Timur dengan memperoleh 326 suara. Selisih 28 suara dengan runner-up nya, yaitu 298 suara. Sedangkan ketiga calon lainnya harus puas dengan jumlah suara yang mereka dapat.
Karena tubuhnya yang ringan dan ramping, para pendukung Anwar pun menggotong dirinya ramai-ramai dalam perjalan pulang. Selamat!
*kiriman: mantapjohan@gmail.com 
:: pkspiyungan.org

About pkskabbogor

Check Also

PKS Salurkan Bantuan Bencana Banjir Jasinga

pksbogor.id, Jasinga — Hujan deras yang  mengguyur wilayah Kecamatan Jasingan Kabupaten Bogor Sabtu (14/4) Mengakibatkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *