Home / Berita / Umat Islam Punya Peran Dalam Memerdekakan Indonesia
kemerdekaan-indonesia

Umat Islam Punya Peran Dalam Memerdekakan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari peranan umat Islam. Banyak tokoh-tokoh Islam di Indonesia yang mempunyai peran sentral dalam kemerdekaan Indonesia. Salah satu peranan umat Islam adalah dalam pembentukan dasar-dasar negara.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid menegaskan umat Islam memang memiliki peranan yang sangat besar dalam terbentuknya Indonesia. Menurut HNW, salah satu peranan besar umat Islam adalah mau legawa dalam penghapusan tujuh kata di Piagam Jakarta, untuk masuk ke Pancasila.

“Karena kenegarawanan dari umat Islam yang menerima kondisi pelik itu, Indonesia ada,” kata Hidayat Nur Wahid di Jakarta, Senin (22/2).

Ia mengatakan kejadian itu terjadi ketika  pertemuan antara Bung Hatta (Mohammad Hatta) dengan empat tokoh Islam besar yang ada di Indonesia kala itu, untuk membahas dasar-dasar negara. Keempat tokoh Islam itu adalah Ki Bagus Hadikusumo, Wahid Hasyim, Kasman Singodimejo dan Teuku Muhammad Hassan.

Kemerdekaan Indonesia


Kala itu, lanjut HNW, terjadi perdebatan besar lantaran akan dihapuskannya tujuh kata dalam Piagam Jakarta, yang merupakan salah satu bukti eksistensi Islam sebagai dasar negara. Namun, para tokoh Islam itu akhirnya mau mengalah dan berfokus dahulu pada kemerdekaan Indonesia, sehingga diganti menjadi sila pertama dalam Pancasila.

Meski begitu, HNW mengatakan sentuhan Islam tak lantas hilang dari Indonesia, seperti Bung Karno yang ingin Proklamasi dihelat pada hari Jum’at dan masuk di bulan Ramadhan. Karena itu, ia mekankan kepada generasi muda Muslim untuk tidak melupakan sejarah, termasuk peranan umat Islam dalam terbentuknya Indonesia.

sumber

About pkskabbogor

Check Also

WhatsApp Image 2017-05-01 at 20.33.43

PKS Buka Pendaftaran Anggota Baru

pksbogor.id, Cibinong —– Acara Milad PKS ke-19 yang diadakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor bertempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *