Home / Berita / Abon Cabe Evia Jadi Ikon Parungpanjang
Abon cabe evia

Abon Cabe Evia Jadi Ikon Parungpanjang

Abon cabe evia

Bogor- Penggemar makanan pedas tentu tak asing lagi dengan makanan olahan berupa abon dengan rasa pedas alias abon cabai.  Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis inovasi pun muncul dari Kabupaten Bogor, tepatnya kecamatan Parungpanjang.

Mengusung merek Abon Cabe Evia, bisnis produk makanan olahan milik Evi Afiah itupun terus berkembang. Atas prestasinya, produk yang pernah memperoleh penghargaan UKM terbaik di Kabupaten Bogor dari Pemerintah Jawa Barat itu kini ditetapkan sebagai ikon Kecamatan Parungpanjang.

Memanfaatkan resep turun temurun keluarga, Abon Cabe Evia memang khas karena benar-benar terbuat dari cabai tanpa tambahan daging atau ikan.  Produk olahan ini adalah sejenis sambal kering yang bisa langsung dikonsumsi untuk teman makan seperti cocolan nasi dengan tahu dan tempe panas, sup, soto, nasi goreng, telur dadar, dan berbagai macam makanan lainnya.

parungpanjang

Selain ditetapkan sebagai ikon Kecamatan di perbatasan Bogor dengan Kota Tangerang Selatan itu, gerai milik kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bogor itu juga dinobatkan sebagai galer UMKM terbaik dalam pameran produk UMKM Parungpanjang 2016 itu.  Selain Abon, Evi juga memproduksi chili oil yang juga disambut antusias penggemar rasa pedas di sejumlah daerah di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Acara itu sendiri digelar dalam rangka hajatan “Pelantikan kepengurusan Forum UMKM Kabupaten Bogor” yang ke 27.  Perhelatan tersebut terselenggara berkat kerjasama antara Bidang Pengembangan Jaringan Ekonomi (BPJE) PKS Kabupaten Bogor dengan Dinas UMKM Kabupaten Bogor.

Dukungan penuh disampaikan Camat Parungpanjang, Edi Mulyadi yang juga memberikan bantuan dana dan berbagai perlengkapan untuk kegiatan pameran produk UMKM itu. Dalam acara tersebut juga hadir Kepala Bidang Usaha Kecil Menangah (UKM) Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan UKM (Diskoperindag) Kabupaten Bogor, Abdul Azis, Ketua Forum UMKM Kabupaten Bogor, Hasan Haikal Thalib, serta jajaran Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi),  UPT Pertanian , ketua Gapoktan, dan Ketua MUI Parungpanjang.

About Setia Lesmana

Check Also

Lihatlah Diri Ini…

  pksbogor.id — Kita ini manusia. Namun seringkali ingin melihat orang lain sebagai malaikat. Ingin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *