Thursday , September 21 2017
Home / Berita / Jumlah Perokok Melonjak Tajam, PKS Dorong Perda KTR
kampanye-anti-rokok

Jumlah Perokok Melonjak Tajam, PKS Dorong Perda KTR

Bogor– Jumlah perokok aktif di Kabupaten Bogor sangat mncengangkan. Dalam satu dekade terakhir jumlahnya melonjak sangat tajam. Prihatin dengan kondisi ini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui wakilnya di DPRD Bogor mendorong terbitnya Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melansir, jumlah perokok aktif di Kabupaten saat ini sekitar 74% dari jumlah penduduk. Kenaikkannya sangat tinggi yakni 47% lebih banyak dibanding tahun 2007 yang berjumlah 27% penduduk. Artinya saat ini ada sekitar 3,7 juta prokok aktif di Kabupaten Bogor.
Dari 3,7 juta perokok aktif tersebut 67,4% perokok adalah kaum pria dan separuhnya beerstatus pelajar SMP dan SMA. Lebih mengkhawatirkan lagi, sebanyak 68,3% perokok di Kabupaten Bogor memulainya saat remaja, terdiri dari 10,4% meroko sejak usia 10-14% dan 58% sejak usia 15-19 tahun. Angka tersebut jauh diatas rata-rata Jabar 26,7% dan nasional 23,7 persen.
Untuk melindungi kelompok dibawah umur dari ancaman rokok, PKS pun menggalang rancangan Perda KTR agar perokok tidak sembarangan merokok di tempat umum. Tanpa pembatasan di tempat umum, dampak terhadap anak-anak dan remaja sangat mengkhawatirkan. Selain juga melindungi kepentingan hak-hak non perokok yang membutuhkan udara segar bebas asap rokok.
“Mohon dukungan masyarakat agar Perda KTR terwujud. Ini penting untuk melindungi generasi belia kita dari ancaman rokok,” ujar Anggota Komisi 4 DPRD Kabupaten Bogor dari Fraksi PKS, Wasto Sumarno.
Lebih lanjut Wasto mengatakan, kecenderungan perokok di kalangan remaja sudah sangat memprihatinkan. Bahkan tidak sedikit dari kalangan siswa sekolah dasar.
Menurut Sekretaris Umum DPD PKS Kabupaten Bogor itu, ada beberapa faktor yang membuat angka perokok di kalangan pelajar meningkat. Di antaranya lingkungan pergaulan yang menganggap merokok sebagai budaya umum, dan anggapan orang yang merokok bisa dibilang gaul.
“Itulah salah satu contoh penyebab para pelajar terjerumus ke dunia merokok pada saat ini, sehingga KTR sangat dibutuhkan” ungkapnya.

About pkskabbogor

Check Also

WhatsApp Image 2017-05-01 at 20.33.43

PKS Buka Pendaftaran Anggota Baru

pksbogor.id, Cibinong —– Acara Milad PKS ke-19 yang diadakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor bertempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *