Home / Artikel / MUSLIH
11117

MUSLIH

Catatan Kecil di Selasa Malam jelang Dini Hari
 117. dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.
        Pada suatu hari, di kawasan yang penuh dengan dosa dan maksiat, terdapat seorang hamba yang sangat soleh. Pada suatu malam, hamba yang soleh tersebut pun berdoa dengan khusyu’ serta tawadhu’. Malaikat dengan gembira turun ke bumi utk mengangkat doanya. Tiba-tiba Allah dengan tegas melarang malaikat tersebut utk mengangkat doa hamba yg soleh itu. Malaikat keheranan lalu menanyakan kpd Allah knp Dia bertindak sedemikian. Allah berkata bahwa hamba itu bukannya seorang yg muslih (orang soleh yang mensolehkan orang lain) karena tidak menegur kekhilafan orang dengan bukti bahwa seluruh kampung melakukan maksiat dan tidak ada peningkatan orang yg bertaubat. Tidak ada perbaikan di masyarakatnya.
Muslih…. Orang Soleh yg mensolehkan lingkungannya. Secara umum disukai oleh lingkungannya. Yang bisa melindungi lingkungannya adalah Muslih, Pandai Memenej  konflik (menjadi solusi bukan menjadi bagian dari masalah). Kesolehan Sosial. Pandai bermuamalah sebagaimana Rasulullah SAW. Dengan Teman gunakan Adab, Dengan orang banyak gunakan Hilm (lemah lembut, banyak memaafkan/memahami)

·         Apa gunanya kalau kita seorang muslim yang soleh tapi tidak berdakwah;
·         Apa gunanya kita seorang hamba yang alim tapi tidak mengajar mereka yg sesat;
·         Apa gunanya kita umat islam tapi tidak menolong agama islam;
#Bangunlah wahai umat Muhammad dan jadilah insan yang bergelar muslih (hamba yg soleh mengajak orang menjadi soleh);
 Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu. (QS 47 :7)

About pkskabbogor

Check Also

cada7-2

Ketua DPC SeCada 7 Sah Di Lantik

Cabang Dakwah (Cada) 7 PKS Kabupaten Bogor, memulai gebrakannya. Cada 7 yang merupakan pemekaran dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *