Thursday , September 21 2017
Home / Artikel / Pendidikan Islam Terpadu, Pendidikan Holistik
siswa-sd-300x236

Pendidikan Islam Terpadu, Pendidikan Holistik

Alhamdulillah, wash shalaatu was salaamu ‘alaa nabiyyinaa Muhammad, wa aalihi wa shahbihi. Wa ba’du.
Nabi Muhammad saw mengatakan, bhw tidak lah beliau diutus semata utk menyempurnakan akhlaq mulia. Maka pendidikan dlm Islam ditujukan utk membangun karakter mulia pada diri manusia.
Pendidikan dlm Islam ditujukan utk membangun seluruh aspek dlm diri manusia: ruhiyyah (spiritual dan emosional), fikriyyah (akademik dan kreatif), dan jasadiyyah (fisik). Dan sbg outcome pendidikan, seorang manusia muslim didorong utk memiliki hubungan yg baik dengan Allah swt (religius), sesama manusia (sosial), dan dgn lingkungannya (kecerdasan lingkungan).
Dlm dunia pendidikan, para pakar merumuskan holistic approach atau ecological approach dlm pendidikan. Pendidikan diformulasikan dengan:
1) mendidik seluruh aspek pada manusia (all parts of the person);
2) mendidik manusia sbg satu kesatuan utuh (the person as a whole);
3) mendidik manusia sbg bagian dr keseluruhan (the person within a whole), yaitu sbg bagian dr masyarakat, komunitas manusia, dan alam semesta.
Pendidikan yg holistik, menyentuh seluruh aspek manusia dan kemanusiaannya, merupakan antitesa dr pendidikan parsial yg hanya menyentuh aspek tertentu tapi melupakan aspek lainnya. Disinyalir, pendidikan saat ini terlalu berat berfokus pada aspek kognitif (IQ).
Daniel Goleman, dlm buku Emotional Intelligence, menyebutkan bhw keberhasilan seseorang ditentukan oleh kecerdasan emosi 80% dan hanya 20% ditentukan faktor IQ.
Diantara contoh kecerdasan emosional adalah faktor-faktor keberhasilan di dunia kerja. Menurut sebuah riset, ada 13 faktor keberhasilan di dunia kerja. 10 diantaranya (atau 77%) bergantung pada kualitas karakter seseorang. Ke-13 faktor tsb:
1. Jujur dan dapat diandalkan;
2. Bisa dipercaya dan tepat waktu;
3. Bisa menyesuaikan diri dg orang lain;
4. Bisa bekerja sama dg atasan;
5. Bisa menerima dan menjalankan kewajiban;
6. Memiliki motivasi kuat utk belajar dan meningkatkan kualitas diri;
7. Berpikir bhw dirinya berharga;
8. Bisa berkomunikasi dan mendengarkan scr efektif;
9. Bisa bekerja mandiri dg supervisi minimum;
10. Bisa menyelesaikan masalah pribadi dan profesinya;
11. Mempunyai kemampuan / kecerdasan dasar (IQ);
12. Bisa membaca dg pemahaman memadai (IQ); dan
13. Mengerti dasar-dasar matematika / berhitung (IQ).
Kembali pada pendidikan dlm Islam (tarbiyyah islamiyyah), maka pendidikan akhlaq, pendidikan karakter, menjadi

bagian penting yg harus ditanamkan kpd anak-anak didik.

Semoga para aktivis pendidikan Islam terus diberi Allah swt taufiq dan ‘inayah utk menyelenggarakan pendidikan islam terpadu (holistik) dlm rangka membangun generasi yg tangguh, yang kelak akan memikul perjuangan dakwah, menjadikan Islam sbg rahmatan lil ‘aalamiin.
Wallaahu a’lamu bish shawwab.
-AJM-

About pkskabbogor

Check Also

WhatsApp Image 2017-03-19 at 17.07.46

Seminar Parenting di Cimanggis

pksbogor.id, Bojonggede — Seminar parenting yang di laksanakan UPKK DPRa PKS Kel. Cimanggis Kec. Bojonggede …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *