Home / Berita / PKS Minta Bupati Segera Relokasi Korban Longsor
sunman1

PKS Minta Bupati Segera Relokasi Korban Longsor

Bogor – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kabupaten Bogor, Soenmandjaja Roekmandis meminta Bupati Bogor segera merelokasi korban longsor di sejumlah Kecamatan di Bogor. Soenman menyatakan hal itu usai engunjungi korban longsor Kampung Pasir Lembu dan Kampung Legok Nangka di Desa Gununggeulis Kecamatan Sukaraja, Bogor, Selasa (8/3).

Menurut Ketua Fraksi PKS di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu, lokasi bencana alam longsor di Kabupaten Bogor umumnya rawan terjadi longsor susulan. Selain itu banyak korban longsor yang masih anak-anak yang membutuhkan pemulihan psikis pasca bencana sehingga relokasi harus dilakukan secepatnya.

“Kabupaten Bogor merupakan derah rawan longsor, termasuk longsor susulan di kawasan yang terkena longsor. Relokasi perlu untuk meminimalisir jatuhnya korban lain,” tegasnya.

Dalam kujungan tersebut Soeman juga menemui keluarga Omak dan Alung yang anaknya, Rizki (7) tewas ditejang longsor. Longsor terjadi pada Senin (7/3) malam saat warga tertidur lelap. Selain menyampaikan belasungkawa, anggota Komisi III DPR RI dari FPKS itu juga menyampaikan sejumah bantuan antara lain uang tunai sebesar Rp 2 juta untuk keluarga korban.

Ia juga memberikan bantuan dana untuk masyarakat yang secara bergiliran berjaga-jaga mengawasi longsor susulan. Sedangkan bantuan logistic seperti beras, susu, dan mie instan diserahkan ke pengurus RW setempat untuk disaluarkan kepada korban longsor.

Berdasarkan peringatan dari Badan Meteorologi, klimatologi, dan geofisika (BMKG), sejumlah kecamatan di Kabupaten Bogor masuk daerah rawan bencana erosi tinggi. Diantaranya Kecamatan Pamijahan, Sukajaya, Leuwiliang, Cigudeg, Jasinga, Sukaraja, Cisarua, Megamendung, dan Cijeruk.
Hujan deras yang melanda Bogor akhir–akhir ini jadi lampu kuning bagi warga Kabupaten Bogor agar lebih sigap menghadapi bencana. Terutama daerah-daerah yang didominasi dataran tinggi dan banyaknya pembangunan yang merusak ekosistem alam.

About pkskabbogor

Check Also

WhatsApp Image 2017-05-01 at 20.33.43

PKS Buka Pendaftaran Anggota Baru

pksbogor.id, Cibinong —– Acara Milad PKS ke-19 yang diadakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor bertempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *