Home / Berita / Desain Grafis untuk Dakwah Strategis
setialesmana-1

Desain Grafis untuk Dakwah Strategis

Bogor – Banyak cara untuk berdakwah.  Di era digital seperti saat ini, berdakwah pun bisa melalui desain grafis atau gambar. Dukungan media sosial, membuat diseminasi (penyebaran) nya jauh lebih mudah dan cepat.

Guna membekali kader-kadernya dengan kemampuan desain grafis, Bidang Humas Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bogor menggelar pelatihan Desain Grafis PKS Art di Aula Kantor DPD PKS Kabupaten Bogor, Ahad (9/4). Tampil sebagai instruktur Koordinator PKS Art Pusat, Arie Poernama.

Dalam sambutannya, Ketua Bidang Humas DPD PKS Kabupaten Bogor, Setia Lesmana mengatakan, penggunaan desain garfis untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebaikan sangat penting dan strategis. Di era digital, informasi yang disajikan secara visual jauh lebih efektif dibanding melalui tulisan.

Mengutip hasil riset Wharton School of Business, Setia mengungkapkan, orang hanya mengingat 10% apa yang didengarnya dan 20% yang dibacanya. Sedangkan informasi atau data yang dilihat dan dikerjakan, 80%nya bisa diingat.

Demikian juga dengan presentasi, hanya 50% audiens yang terbujuk oleh presentasi verbal. Sedangkan presentasi verbal+visual bisa memengaruhi 70% pemirsa, tutur mantan wartawan Suara Pembaruan tersebut.

Hasil riset lainnya, pada kasus petunjuk penggunaan obat, jika disajikan dalam bentuk teks saja itu hanya dimengerti oleh 70% konsumen saja. Sedangkan bila disajikan dalam bentuk teks dan gambar bisa dimenegrti oleh 95% pengguna.

“Ditengah banjir informasi seperti saat ini, bahkan hingga ke ruang pribadi (gadget), maka perlu penyajian informasi yang terbaik agar lebih bisa diterima publik. Setiap hari ada sekitar 34 gigabyte informas yang dikonsumsi otak kita atau setara 100.500 kata. Diperlukan penyajian menarik dan unik agar informasi tetap diingat otak,” bebernya.

Sementara itu Arie mengingatkan agar desain grafis yang dibuat memerhatikan dua hal penting, yakni kesesuaian dengan aturan hukum dan kesesuaian secara etika moral.  Desain grafis PKS Art tidak boleh melanggar aturan perundangan-undangan misalnya mengandung kalimat atau gambar kebencian. Desain PKS Art juga tidak boleh menciderai persaudaraan dan ukhuwah anak bangsa.

“DPP PKS standar moral dan aturan ketat sehingga tidak hanya indah secara desain namun juga sesuai dengan visi dakwah Islam yang rahmatan lil’alamin,” pungkasnya.

 

About Aden Rama

Check Also

WhatsApp Image 2017-05-01 at 20.33.43

PKS Buka Pendaftaran Anggota Baru

pksbogor.id, Cibinong —– Acara Milad PKS ke-19 yang diadakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor bertempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *