Home / Berita / Kestabilan Keluarga Melahirkan Kesuksesan Dakwah
WhatsApp Image 2017-01-30 at 16.15.39

Kestabilan Keluarga Melahirkan Kesuksesan Dakwah

WhatsApp Image 2017-01-30 at 16.15.39

pksbogor.id, Bogor — Kokohnya keluarga akan melahirkan kokohnya suatu bangsa. Hal inilah yang membuat Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan bertajuk peran konselor dalam membangun ketahanan keluarga kader pada Ahad (29/1).

Ketua RKI Kabupaten Bogor, Murni Widiayastuti mengatakan bahwa kegiatan ini untuk mendukung aktivitas konselor dalam mengatasi permasalahan rumah tangga kader.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kab. Bogor, KH. Agus Salim, Lc mengatakan kesuksesan dakwah dimulai dari kestabilan individu yang akan menjadi titik tolak untuk kestabilan keluarga. “ Dengan kestabilan keluarga maka akan stabil dalam semuanya sehingga dakwah akan sukses,” ucap Agus dalam wawancara.

Agus Salim melanjutkan Berkonsultasi lebih dahulu dalam memberikan manfaat. Berikutnya kepada konselor akan ada pelatihan khusus. “Konselor harus dari anggota/ kader yang paham dari dakwah itu sendiri. Sehingga diharapkan tidak adanya kasus keluarga dalam kader itu sendiri,” lanjut Agus.

Pembicara dalam kegiatan tersebut yaitu ustadz Cahyadi Takariawan mengatakan ada fase-fase yang dialami oleh setiap pasangan dalam berumah tangga yaitu Romantis, Distress/Diappointment, Knowledge and Awarenes, Transformation, dan Real Love.

“1. Romantic Love

Pada tahap ini pasutri sama sama merasakan gelora cinta yg menggebu. Hal ini terjadi diawal masa pernikahan, yang banyak disebut orang bulan madu. Suami istri dalam suasana kegairahan cinta yang membara, ingin selalu bersama, merasakan ikatan yang sangat kuat, melakukan kegiatan bersama sama,makan bersama, olahraga bersama, jalan-jalan,membersihkan rumah sama-sama, tidur dan bahkan mandi bersama, mereka berdua seakan menikmati surga dunia yang sangat indah. Istilah Mawaddah tepat untuk menggambarkan situasi asmara yang menggebu ini.

  1. Distress/Disappointment

Pada tahap kedua, suami istri saling menyalahkan, memiliki rasa marah dan kecewa terhadap pasangan, berusaha menang atau lebih benar dari pasangannya.Kadang suami istri berusaha untuk mengalihkan perasaan stres yang memuncak akibat konflik dengan pasangan ini dengan curhat kepada orang lain, atau mencurahkan perhatian pada pekerjaan,hobi, anak atau organisasi.jika tidak dikelola dengan baik, tahapan ini bisa membawa pasutri kedalam situasi yg negatif.

  1. Knowledge and awareness

Tahap ke 3 ini bercorak dewasa.Ada perenungan dan kesadaran pada diri suami dan istri untuk memiliki kualitas hidup berumah tangga yg lebih baik. Pasutri yg sampai tahap ini akan lebih memahami bagaimana posisi diri dan pasangannya, mereka sibuk mencari informasi tentang bagaimana kebahagiaan pernikahan itu terjadi, dengan membaca artikel, berdiskusi, meminta kiat kebahagiaan Rumah tangga pada pasangan lain yang lebih tua, mengikuti seminar2 atau konsultasi perkawinan.

  1. Transformation

Tahap kematangan hubungan, suami istri pada tahap ini akan berusaha melakukan perbuatan yang mampu membahagiakan hati pasangannya. Suami istri akan berusaha membuktikan bahwa dirinya adalah sahabat yang tepat bagi pasangannya. Suami dan istri akan saling menunjukkan penghargaan,empati dan ketulusan untuk mengembangkan kehidupan perkawinan yang bahagia.

5. Real Love

Tahap kesejiwaan antara suami dan istri. Istilah Rahmah tepat untuk menggambarkan situasi hubungan pasutri pada tahap Real Love ini. Pasutri akan kembali dipenuhi dengan keceriaan,kemesraan,keintiman,kebahagiaan, dan kebersamaan dengan pasangan. Suami dan istri semakin menghayati cinta kasih pasangannya sebagai realitas yang menetap. Inilah Cinta dewasa, cinta yang penuh makna dan kesungguhan jiwa.

Real Love sangatlah mungkin untuk anda dapatkan bersama pasangan jika anda berdua memiliki keinginan untuk mewujudkannya. Real Love tidak bisa terjadi dengan sendirinya tanpa usaha dari anda berdua.”

About saeful pks

Check Also

WhatsApp Image 2017-05-01 at 20.33.43

PKS Buka Pendaftaran Anggota Baru

pksbogor.id, Cibinong —– Acara Milad PKS ke-19 yang diadakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor bertempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *