Home / Bidpuan / Cara Membuat Minuman Kesehatan

Cara Membuat Minuman Kesehatan

WhatsApp Image 2017-03-26 at 07.23.16

Belimbing wuluh, Averrhoa bilimbi , merupakan buah yang tidak asing lagi bagi kita. Tanaman belimbing wuluh banyak kita temui tumbuh bebas di kebun, pinggir jalan, atau ditanam di pekarangan rumah. Buah ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan masakan yang berasa asam, seperti sayur asam atau ikan asam pedas.

Setiap kali berbuah, tanaman ini menghasilkan buah yang cukup banyak. Buahnya sering dibiarkan busuk di pohon atau dibiarkan jatuh ke tanah. Rasanya yang sangat masam menyebabkan orang enggan mengkonsumsinya dalam keadaan segar. Padahal buah ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Karena itulah, UPKK DPRa Susukan berinisiatif untuk memanfaatkan buah belimbing wuluh yang melimpah, dengan mengadakan Pelatihan Pembuatan Minuman Kesehatan dengan bahan baku belimbing wuluh.

Pelatihan ini digelar pada Selasa, 21 Maret 2017 bertempat di sekretariat RW 09 Desa Susukan Bojonggede, diikuti kurang lebih 15 peserta ibu-ibu warga dan kader Posyandu RT 02, 03, 04, RW 09.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diajarkan bagaimana cara membuat minuman sirup belimbing wuluh. Selain itu, mereka juga diajarakan cara membuat dodol dari ampas sisa pembuatan sirup belimbing wuluh.

Menurut nara sumber pelatihan, Pipi Alfiyah, belimbing wuluh banyak sekali manfaatnya. “Belimbing wuluh adalah buah yang memiliki banyak khasiat, yang mungkin orang belum banyak mengetahuinya. Misalnya saja untuk batuk, sakit gigi, hipertensi, asam urat, dan diabetes. Bahkan sangat bagus untuk kecantikan,” papar Pipi.

Setelah sirup belimbing wuluh selesai dibuat, para peserta dapat mencicipi hasilnya.

“Segar, enak, tidak berasa terlalu asam..,” ujar Ibu Endang, salah satu peserta pelatihan.

Menurut Ibu Indah, salah satu peserta yang lain, pelatihan ini sangat bermanfaat, “Selain bahannya yang mudah didapat, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh satu keluarga, bahkan oleh masyarakat,” pungkasnya.

About saeful pks

Check Also

WhatsApp Image 2017-03-18 at 10.27.34(1)

PKS Didoakan Untuk Lebih Baik Lagi!

pksbogor.id, Bojonggede — Kembali, PKS Kel. Pabuaran Kec. Bojonggede mengadakan paket nasi untuk masyarakat yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *