Home / Berita / BPK Lempar Tanggung Jawab Audit Hambalang ke Kementerian PU

BPK Lempar Tanggung Jawab Audit Hambalang ke Kementerian PU

ilustrasi

JAKARTA– Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad sempat mengatakan, KPK belum bisa menahan tersangka kasus korupsi proyek pembangunan Sport Centre Hambalang, Andi Mallarangeng lantaran KPK belum menerima laporan audit kerugian negara dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Namun, BPK seolah lepas tangan dan melemparkan tanggung jawab pengusutan jumlah kerugian negara terkait kasus korupsi tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dengan alasan bahwa Kementerian PU lebih ahli untuk melakukan pengusutan kerugian negara dalam proyek tersebut.

“BPK hanya memeriksa. Kewenangan penahanan ada pada penyidik, baik penyidik Polri maupun penyidik KPK. Untuk menghitung proyek konsursi bangunan kami meminta pada ahlinya. Ahlinya adalah PU. Tapi sampai sekarang belum selesai, kami juga sudah telepon ke PU katanya belum selesai,” kata Ketua BPK Hadi Purnomo di Kantor BPK, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Hadi menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Kementerian PU sejak tanggal 7 Februari 2013 silam, setelah ada permintaan dari KPK untuk mengusut kerugian negara dalam kasus itu. Namun sampai saat ini, Kementerian PU juga belum merampungkan pengusutan tersebut.

“Tidak ada kendala apapun, hanya penghitunganya belum selesai. Silahkan karena ahlinya PU. Mengapa BPK meminta PU, karena khusus teknis pembangunan konstruksi kan di PU. Harus begitu mekanismenya,” terang Hadi. (ugo)

:: http://news.okezone.com/read/2013/05/28/339/813891/bpk-lempar-tanggung-jawab-audit-hambalang-ke-kementerian-pu

About pkskabbogor

Check Also

Ibu yang Sehat Lahirkan Generasi Sholeh dan Amanah

pksbogor.id, Leuwisadeng — Bakti Sosial ‘Peduli Kesehatan Perempuan’ yang dilaksanakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *