Home / Berita / Pendidikan Remaja dalam Islam
WhatsApp Image 2017-03-26 at 19.58.15

Pendidikan Remaja dalam Islam

WhatsApp Image 2017-03-26 at 19.58.15

Orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak-anaknya dalam keluarga. Dari orang tualah, anak-anak mendapatkan sentuhan kasih sayang dan pendidikan yang baik. Semenjak anak lahir sampai menginjak usia remaja, orang tua (terutama ibu) berperan aktif dalam menanamkan nilai-nilai kebenaran dan kebaikan, pendidikan dalam keluarga sangat menentukan kepribadian anak sampai usia remaja.

Mendidik remaja bukanlah perkara mudah. Banyak kendala dan masalah yang akan dihadapi orang tua dalam melaksanakan perannya tsb. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa remaja ini, anak mengalami perubahan yang signifikan dalam dirinya baik secara fisik maupun secara psikis.

Secara Psikologi,remaja tengah mengalami masa pubertas. Sebuah masa sulit bagi dirinya untuk menentukan identitas diri yang penuh dengan romantika. Disinilah kecerdasan orang tua diperlukan dalam mendidik anak remajanya. Orang tua terutama ibu dituntut utk memperhatikan karakter dan perkembangan psikologi anaknya.

Itulah inti kajian yg disampaikan oleh Ustadzah Dewi Trestiyanti, SPd.I pada acara Silaturrahim Rutin Bulanan Plus (plus pembekalan untuk kader muslimah dan arisan) yang diselenggarakan oleh UPKK DPRa Bojonggede dengan tema Pendidikan Remaja dalam Islam.

Acara yang diselenggarakan pada hari Ahad (26/3), pemateri memberikan 4 strategi pendidikan remaja secara islami yaitu:

– mendidik anak remaja dengan lemah lembut

– membangun dialog dan diskusi yang baik dalam keluarga

– memberikan pujian yang tulus

– memberikan nasehat yang menuntun

 

 

sumber: DPC PKS Bojonggede

About saeful pks

Check Also

IMG-20170606-WA0028

Saatnya Muslim Hadirkan Info Positif

pksbogor.id, Bojonggede — pesan dalam sebuah berita sangat beraneka ragam. Beranjak dari hal tersebut, DPC …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *